Kategori Diklat (Cloud Teacher Training) untuk guru taman kanak kanak

Untuk membangun perkembangan anak secara optimal diperlukan pengetahuan tentang kepengasuhan (parenting) yang lebih baik bagi para guru, orang tua, dan pengasuh lainnya dalam lingkup pendidikan anak usia dini baik pendidikan formal maupun non formal. Pola Pengasuhan Anak (Parenting) merupakan salah satu program yang dapat memfasilitasi pengembangan wawasan dan keterampilan untuk melakukan pengasuhan anak usia dini dalam membantu perkembangan perilaku anak yang lebih baik.

Kondisi di lapangan tersebut direspon oleh PPPPTK TK & PLB dengan cara menyelenggarakan diklat yang bertujuan untuk menambah pengetahuan guru-guru TK dalam upaya penerapan strategi pembelajaran mengenai pembimbingan perilaku anak yang lebih baik. Salah satu diklat tersebut adalah Diklat Parenting Bagi Guru TK. Diklat ini diharapkan menjadi salah satu solusi dalam pemecahan permasalahan tersebut diatas. 



Pelatihan Pengelolaan  Lingkungan dan Kegiatan Penunjang PAUD merupakan  upaya guru dalam mendesain lingkungan belajar baik lingkungan dalam kelas (indoor) dan lingkungan luar kelas (outdoor) yang menyenangkan bagi anak sehingga anak dapat bereksplorasi dalam mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak  serta aman bagi keselamatannya. Pada pelatihan ini peserta dilatih untuk dapat menerapkan Keamanan dan Keselamatan Anak dalam lingkungan Belajar Indoor dan Outdoor. menerapkan program keterlibatan orang tua dalam mendukung lingkungan belajar yang dapat mengembangkan potensi anak secara utuh.

Melalui pelatihan ini, para Guru Taman Kanak-kanak diharapkan mampu mendesain lingkungan belajar yang  aman dan menyenangkan bagi anak, dan menyusun program keterlibatan orang tua dalam mendukung lingkungan belajar yang dapat mengembangkan potensi anak secara utuh


Dra. Dewi Agustini, MM.

Fokus diklat ini adalah pengintegrasian dan pendalaman materi science, technology, engineering, art,  and maths (STEAM). Hasil dari pelatihan ini wajib dikembangkan dan diadopsi sesuai dengan peruntukan pembelajaran anak usia dini dan didesiminasikan kepada seluruh guru PAUD di Indonesia sebagai bahan inspirasi pengembangan pembelajaran yang dapat menyiapkan anak dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Untuk  mengantarkan  Saudara mencapai  target  kemampuan  yang  harus diperoleh  setelah  mengikuti diklat Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intellegences,, materi diklat  akan dibagi menjadi 5 mata diklat.
  1. Mengenal Kecerdasan Majemuk (Multiple Intellegences)
  2. Multiple Intellegences) pada Anak Usia Dini (AUD)
  3. Pentingnya Multiple Intellegences
  4. Perbedaan Kegiatan Pengembangan Berbasis Bidang Pengembangan dan Berbasis Multiple Intellegence
  5. Praktek Penyusunan Strategi Pembelajaran AUD bBrbasis Multiple Intellegence

Pada kegiatan kali ini kita akan mengajak anak untuk bermain dan belajar dengan tema alam semesta - benda-benda langit. Pada pembelajaran ini anak akan bermain sambil belajar mengenai planet, bintang, matahari, bulan, dan meteor.